Serba Serbi ASI X-klusif 2

🍀🍀*Resume Kulwap Learning Mama*🍀🍀

📕Tema: *ASI EKSKLUSIF Part II* Bag. 1

👨🏽‍🏫Narasumber: *dr. Lenggangpakuan Annisa *
🗓 Tanggal: 12 April 2017
⏰ waktu : 19.00 WIB - selesai
🎙 moderator : Ummu Daffa
📝 notulen : Lidya, Mama Cirbilhi

✨ Preferensi Bidang Bahasan Kulwap yang disampaikan:
◻ Kehamilan
✅ ASI
◻ MPASI
◻ Parenting
◻ Psikologi Anak
◻ Pendidikan
◻ Kesehatan Keluarga
◻ Keuangan Keluarga
◻ Harmonisasi Pasutri
◻ Home and Kitchen

*Resume Kulwap ASI Eksklusif Part I*
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=491232711049490&substory_index=0&id=487416998097728

*Resume Kulwap Pengaruh Mitos ASI Kepada Krisis Kepercayaan Diri Ibu Menyusui*
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=677995985706494&substory_index=0&id=487416998097728

                           🎶 *SELAYANG PANDANG*🎶

#1

*ASI Lancar, Puasa Tak Lewat*

(Sumber dari: http://aimi-asi.org/tips-menyusui-ketika-puasa/ *dengan tambahan seperlunya*)
Bulan Ramadhan hampir tiba. Bulan penuh ibadah bagi umat muslim di dunia. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim yang telah baligh (cukup umur) adalah berpuasa. Nah, bagaimana dengan ibu hamil dan menyusui? Puasa Ramadhan hukumnya tetap wajib bagi ibu hamil dan menyusui. Alhamdulillah, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan berpuasa di lain waktu atau membayar fidyah.

Yang pertama, dikembalikan kepada motivasi atau niat. Jika ibu hamil dan menyusui tidak melakukan ibadah puasa karena mengkhawatirkan kesehatan dirinya, maka dia menganggap dirinya seperti orang sakit. Sehingga cara mengganti puasa sama dengan mengganti puasa dikala orang sakit, yaitu dengan berpuasa di hari lain. Namun, jika mengkhawatirkan bayinya, dianggap seperti orang tua yang tak punya kemampuan sehingga cara menggantinya selain membayar puasa-seperti cara orang tua-yaitu dengan membayar fidyah.

Yang kedua, ibu hamil atau menyusui cukup membayar fidyah saja tanpa harus berpuasa. Karena keduanya tidak berpuasa bukan karena sakit, melainkan karena keadaan yang membuatnya tidak mampu puasa. Kasusnya lebih dekat dengan orang tua yang tidak mampu berpuasa.

Apa dan bagaimana cara membayar Fidyah? Fidyah adalah memberi makan orang fakir miskin. Satu hari puasa diganti dengan satu kali fidyah. Ukuran memberi makan adalah sebesar porsi kita makan 3 kali sehari, yakni sekitar 1 mud atau 600 gram. Jika dirupakan uang, sebesar biaya kita makan 3 kali sehari.

Ketika memberikan fidyah, ada tata caranya juga. Salah satu yang harus diingat adalah jangan lupa mengucapkan berita serah terima/ijab kabul. Misalnya “Saya membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Jika meminta orang lain yang menyerahkan maka, “Ibu A membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Untuk detailnya, silakan konsultasi dengan pemuka agama di lingkungan Anda.

Nah, bagi ibu menyusui yang ingin berpuasa bagaimana? Selama kondisi ibu dan bayi sehat, maka diperbolehkan berpuasa. Namun, jika dikuatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kekurangan gizi, produksi ASI berkurang, sakit, dan lain sebagainya, maka Islam menyarankan untuk tidak berpuasa.

Manajemen Laktasi Ibu Menyusui Yang Sedang Berpuasa

Dengan perubahan jadwal makan, bukan berarti asupan makanan yang dikonsumsipun ikut berubah. Yang penting, ibu menyusui tetap makan 3 kali sehari dan secara disiplin mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang, yaitu dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak.

Kemudian, hal-hal berikut dapat dilakukan untuk memastikan bahwa produksi ASI selama ibu berpuasa tetap lancar dan berkualitas:

Asupan menu dengan gizi seimbang

Ibu yang sedang menyusui memang membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak. Jangan terlambat berbuka dan jangan makan secara asal yang penting makan ya :)

Ada beberapa tips mengenai asupan ibu menyusui selama berpuasa:

Pertama,boleh mencoba konsumsi sumber karbohidrat kompleks agar bisa membantu membuat ibu menyusui tidak lemas di tengah hari. Karbo kompleks seperti beras merah lebih lama diproses tubuh sehingga pelepasan gula menjadi energi berlangsung bertahap. Kondisi ini dapat lebih menjamin kebutuhan energi ibu sampai berbuka.

Kedua, konsumsi sayur dan buah lebih banyak saat berbuka atau malam hari dan konsumsi protein lebih banyak saat makan sahur. Protein menjadi sumber energi, yang diolah terakhir setelah karbohidrat dan lemak. Asupan protein ini sesuai bagi busui yang membutuhkan banyak cadangan energi. Sementara serat pada buah dan sayur membantu menjaga asupan vitamin dan menjaga kesehatan pencernaan ibu selama menyusui. Usahakan stop makanan instant selama puasa ini ya, karena makanan seperti mie instant biasanya hanya mengandung kalori yg membuat kenyang tetapi minim nilai gizinya.

Ketiga, silakan konsumsi suplemen vitamin dan mineral jika diperlukan. Tanyakan kepada dokter suplemen apa yang baik untuk ibu menyusui saat berpuasa karena saat ibu menyusui berpuasa, yang terpengaruh biasanya adalah kadar micro nutrients (elemen-elemen nutrisi yang diperlukan dalam jumlah yang kecil seperti zinc, magnesium, dan potassium), namun itu sebetulnya bukanlah masalah.

Perbanyak konsumsi cairan, mulai dari berbuka hingga sahur

Jika bisa minum air putih sebanyak dua liter (sekitar 10-12 gelas sehari), ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, teh manis hangat dan susu. Berbuka puasa dengan minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui. Jika bisa, hindari teh dan kopi saat sahur karena bersifat diuretik, yang menyebabkan ibu sering buang air kecil. Akibatnya ibu berisiko kekurangan cairan akibat seringnya cairan dibuang.

Istirahat yang cukup

Merasa lemas saat berpuasa itu hal yang lumrah, apalagi jika si ibu baru saja menyusui. Cobalah untuk beristirahatlah sejenak, apakah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Perlu ibu menyusui ketahui, bahwa semakin

sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Ibu Bekerja

Ibu bekerja yang memerah ASI di tempat kerjanya disarankan untuk tetap melakukan kegiatan memerah ASI seperti biasa dengan tetap memperhatikan tips-tips seperti yang sudah disebutkan diatas ini. Kembali berpegang pada prinsip demand and supply, semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi. Apabila ibu menyusui yang biasa memerah menghentikan kegiatan memerahnya selama bulan puasa, maka ASI yang diproduksi dapat berkurang, yang bukan disebabkan oleh kegiatan berpuasa tetapi karena mengurangi kegiatan memerah tadi.

Bagaimanapun, mendapatkan ASI adalah hak bayi. Jadi, dahulukan kepentingan bayi. Untuk ibu yang memiliki bayi di bawah 6 bulan, memang dianjurkan untuk tidak berpuasa karena bayi sedang dalam tahap ASI Eksklusif dan belum memperoleh makanan tambahan apapun kecuali ASI.

Kondisi yang Harus Diperhatikan

Jika si kecil masih dalam fase ASIX (atau bahkan setelahnya) dan ibu ingin berpuasa, ada hal penting yang tidak boleh diabaikan: perhatikan sinyal sinyal yang dikirimkan tubuh Anda dan tubuh bayi.

Apa yang harus diperhatikan dari kondisi ibu?

-Merasa sangat haus (terutama pasca menyusui/memerah).

- Urine/ air seni berwarna pekat (kuning tua/cokelat) serta bau yangtajam.

- Merasa sangat pusing dan berkunang-kunang, apalagi jika pusing tidak hilang setelah ibu beristirahat

Adalah wajar jika ibu merasa lemas. Oleh karena itu usahakanlah untuk beristirahat paling tidak satu kali di siang hari. Atau bila tidak memungkinkan untuk tidur siang, upayakan untuk sekadar duduk,

berbaring dengan rileks. Istirahat akan sangat membantu agar hormon Oksitosin yang berfungsi untuk mengeluarkan ASI bekerja secara optimal. Jika Anda mulai pusing atau air seni Anda mulai pekat, sebaiknya hentikan dulu puasanya.

Apa yang harus diperhatikan dari kondisi bayi?

- Frekuensi BAK bayi sudah kurang dari 6 kali per 24 jam, warna urine bayi juga mulai pekat

- Ada gejala2 dehidrasi lain pada bayi, seperti mulut yag kering, bayi terlihat sangat lemas, kulit tidak lentur, dsb.

- Bayi kelihatan gelisah seharian, rewel atau berperilaku di luar kebiasaan normalnya.

- Bayi mengalami diare atau demam yang mana membutuhkan extra asupan ASI agar tidak dehidrasi, terutama di masa ASIX.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan salam ASI :)

#2

Dicopas dari status mba lianita prawindarti

*Puasa dan Menyusui...*

Ada beberapa tips penting tentang asupan dan tanda-tanda yang harus diwaspadai jika Anda berpuasa saat menyusui yang baru saja saya tambahkan. Bagi yang sudah baca sebelumnya, silakan dibaca kembali. Jika ada yang belum baca, silakan dibaca ya :)

Namun demikian ada beberapa hal yang ingin saya tekankan terkait puasa dan menyusui sebagai trending topic kita beberapa minggu ke depan.

Pertama, jika memutuskan mencoba berpuasa, baca dulu informasinya agar mendapatkan gambaran apa saja yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari demi kelancaran proses menyusui selama puasa. Niat dan keyakinan adalah penting, tapi antisipasi dan persiapan juga tidak kalah penting.

Kedua, kata kuncinya: "tidak memaksakan diri". Perhatikan sinyal-sinyal yang dikirimkan tubuh ibu dan tubuh bayi. Ingat bahwa kondisi fisik Anda dan ibu lain berbeda. Tingkat aktivitas tiap individu berbeda. Faktor eksternal yang dihadapi juga berbeda (misalnya: bayangkan ibu-ibu yang tinggal di Eropa atau negara 4 musim lain dan bulan puasa jatuh pada musim panas, mereka harus berpuasa lebih dari 15 jam setiap hari). Begitu juga kondisi bayi Anda dan bayi yang lain. Tidak perlu ragu untuk berhenti puasa dahulu jika kondisi fisik ibu dan/atau bayi mulai tidak mendukung.

Ketiga, tidak main main dengan asupan Anda, konsisten menjaga kualitas dan kuantitas asupan. Ini yg kadang sulit dilakukan. Apalagi kalau di rumah tak ada yg membantu mengurus rumah dan bayi (apalagi kalau ada kakaknya juga). Kadang kalau ibu sibuk dan kemudian kelelahan yg sering dikorbankan adalah makan. Makan telat, malas makan, atau makan seadanya yg penting makan. Padahal agar lancar puasa, asupan harus lebih diperhatikan.

Keempat, kembali ke poin kedua. Jangan memaksakan diri berpuasa karena tekanan keluarga/ lingkungan. Jangan memaksakan diri berpuasa hanya agar tidak dicemooh lingkungan. Jangan memaksakan diri berpuasa karena teman2 kita (atau para member grup ini banyak yang kuat puasa saat menyusui). Jangan memaksakan diri, apapun alasannya. Tidak perlu berkecil hati jika Anda ternyata tidak sanggup melakukannya atau bayi Anda tidak memungkinkan kondisinya. Ingat, Islam bukanlah agama yg menyulitkan umatnya.

Kelima, jika Anda mempersiapkan ASIP untuk cadangan selama Anda berpuasa, tetap susui bayi Anda saat siang juga. Jangan karena ingin agar puasa Anda tidak batal, si kecil hanya diberi ASIP dan tidak disusui langsung. Ingat bahwa produksi ASI Anda sangat bergantung pada seberapa sering ASI dikeluarkan. Jadi tetaplah memerah secara rutin dan menyusui sesuai kehendak bayi. ASIP untuk cadangan saat puasa berguna untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan yang berlangsung mendadak, seperti saat growth spurts/percepatan pertumbuhan.

Keenam, sebaiknya tidak juga menambal kebutuhan asupan bayi dengan sufor selama berpuasa. Hentikan dulu puasanya jika Anda merasa tidak mampu dan benahi asupan Anda. Pemberian sufor justru akan semakin mengurangi produksi ASI Anda.

Happy breastfeeding :*

*admin, KL AIMI*

*Bagaimanakah pelekatan/latch on yang baik?*
Ada 4 kriterianya, yaitu:

1. Areola bagian atas lebih banyak terlihat.
2. Mulut bayi terbuka lebar.
3. Bibir bawah terputar keluar.
4. Dagu menempel pada payudara Mama.

Kandungan ASI berubah setiap menit
ASI adalah cairan ‘hidup’ yang kandungan/komposisinya berubah setiap waktunya sesuai kebutuhan bayi. Di menit-menit awal menyusui, ASI awal disebut Foremilk, kaya akan protein, rendah lemak, dan cenderung lebih encer dan bening. Foremilk berfungsi sebagai makanan pembuka/penghilang haus. Foremilk tinggi kandungan lactose yang berfungsi juga untuk perkembangan otak bayi & memberikan energi. Selanjutnya disebut Hindmilk yang kaya akan lemak yang berperan untuk pertambahan berat badan bayi & cenderung kental.
Hindmilk mengenyangkan bayi seperti makanan utama. Saat menyusui Mama tidak dapat membedakan secara pasti antara foremilk dan hindmilk. Perubahan foremilk-hindmilk berlangsung secara amat perlahan. Penelitian menyatakan bahwa makin kosong payudara, makin tinggi kandungan lemak dalam ASI.

Foremilk adalah ASI yang lebih bening, diproduksi pada awal proses menyusui. Foremilk atau orang biasa menyebutnya dengan ASI depan adalah ASI yang didapatkan saat bayi pertama kali mengisap. Umumnya foremilk ini bersifat encer dan berguna untuk menghilangkan haus pada bayi. Kandungan foremilk ini terdiri dari vitamin, protein, dan karbohidrat, tetapi rendah lemak.

Sementara, hindmilk adalah ASI yang lebih putih, diproduksi pada akhir proses menyusui dan mengandung lebih banyak lemak yang memberikan banyak energi. Hindmilk memiliki kandungan lemak lebih tinggi dan memiliki peranan penting pada meningkatnya berat bayi. Lemak pada hindmilk didapatkan dari hisapan bayi yang semakin kuat sehingga mengikis lemak dalam alveoli atau saluran susu dalam payudara. Hindmilk ini sifatnya juga lebih kental dan creamy, serta mengatasi lapar bayi.
Lalu, mana yang lebih penting? Keduanya sama penting, dan bayi harus mendapatkan keduanya secara seimbang. Oleh karena itu, sebaiknya ibu tidak memindahkan posisi bayi ke payudara sebelahnya apabila payudara dirasa belum kempes. Usahakan menyusu hingga bayi puas dan melepaskan sendiri. Apabila bayi sudah melepaskan puting dari mulutnya tetapi bayi masih terlihat masih belum puas, sendawakan dulu lalu pelan-pelan bayi bisa diberikan ASI lagi di payudara yang sama.
Tetapi, yang paling tahu mengenai kondisi bayi memang hanya bayi itu sendiri, ada kalanya ia hanya haus dan hanya membutuhkan foremilksaat minum. Tidak usah khawatir selama bayi menunjukkan tanda-tanda kenyang seperti mengantuk atau tidak rewel setelah selesai menyusu.

Indikator seimbangnya foremilk dan hindmilk selain peningkatan berat badan yang baik, juga melalui warna kotoran yang keluar. Bila berwarna keemasan (golden feces), artinya si bayi sudah mendapatkan foremilk dan hindmilk secara seimbang. Bila kotoran bayi berwarna coklat maupun hijau, artinya bayi tidak mendapatkan foremilk dan hindmilk yang seimbang sehingga diperlukan pengkajian lebih lanjut mengenai keadaan ini.

🌺 https://m.youtube.com/watch?v=LXg249QQq-I

https://m.youtube.com/watch?v=oQPUC8BzJ_A

🌺 Dipahami dan dipelajari anaknya. 😊

Saat mau mengajari anak, baik itu mengajari pelekatan yang baik, ataupun mengajari pemberian asip dengan menggunakan media selain dot lihat tanda-tanda diatas dulu. Kalo anak sudah sangat lapar, jangan dipaksakan, karena nanti yang ada malah anaknya jadi ngamuk.
Mengajari anak usahakan sebelum anak mulai lapar

🌺 Ini video pemberian asi perah tanpa dot

https://m.youtube.com/watch?feature=share&v=OoveMOtQ0fM

🌺 Alasan paling sering ibu yg memilih pakai dot dalam memberikan ASIP ke bayi adalah supaya TIDAK MEREPOTKAN pengasuh. Tapi, kalau sudah bingung puting, siapakah yg repot?

Memberikan ASIP dengan media selain dot tidak repot ko kalau anak dan pengasuh sudah sama2 terbiasa.

Jika menggunakan gelas sloki, cup feeder, sendok : tempelkan gelas di bibir bawah bayi dan biarkan bayi mencecep sendiri ASIPnya. Tidak dituang ke mulutnya supaya tidak tersedak.

Jika menggunakan pipet atau spuit : semprotkan ke arah pipi, tidak disemprot ke arah tenggorokan supaya tidak tersedak.

                           💌 *TANYA JAWAB* 💌

🏥 Narasumber
☝ Penanya
🎓 Moderator

☝Dian Lidriani (Ummu Ahmad)

seminggu belakangan, payudara kiri bengkak, meradang, awalnya ahmad masih mau menyusu tp sedikit2, krn d bagian areola bengkak, dia g nyaman, akhirnya dipindah ke payudara kiri, dan g mau lg di payudara kanan, pertanyaannya apakah cukup ASI dari 1 payudara aja? berhubung payudara kanan tdk memungkinkan utk disusui, apa perlu sufor bu?
#maaf budok yg bengkak payudara kanan

🏥 Saya tanya balik dulu yaa. 😊
Ada riwayat penggunaan empeng/dot tidak selama ini?
Kalo tidak ada intervensi 2 benda tersebut, insya allah ASI dari 1 Payudara akan mencukupi kebutuhan anak.
Anak kembar lebih dari 2 saja bisa dicukupi kebutuhan asinya mom.
Ahmad usia berapa skrg?
☝1 bulan budok
🏥Tetap pantau tanda kecukupan asinya dan tanda dehidrasi pada anak.
☝iya yah, anak kembar aja cukup😅
🏥Usia 1 bulan masih sangat mungkin untuk relaktasi payudara kanan saat nanti sudah sembuh.
Pemberian sufor tetap harus berdasarkan indikasi. Karena sufor itu sama sifatnya dengan obat.

☝Fitri W ( Mama Asa)

Assalamualaikum budok,
Saya ini ibu perantau, sejak usia 2m (selesai cuti) saya harus kerja lagi di bengkulu, anak di karawang dg nenekny. Tiap minggu saya bolak balik bengkulu-karawang untuk nyetok ASIP, sampe sekarang, msh spti itu. Produksi asi saya skrg 400ml/hari, mepet2 buat mencukupi,
#Maaf ceritany panjang
Pertanyaanny:
1. Apa boleh saya kasih selingan susu kedelai asli buat menghemat stok ASIP?
2. Booster asi apa ya yg kuat buat mempertahankan produksi asi? Khawatir tidak bisa sampai 2 th, soalny skrg aja semakin menurun.
3. Jika asi saya sudah tidak keluar lagi sblm 2 th, saran budok gmn ya? Apa kasih sufor atau gmn, ?

🏥Usia anaknya mom fitri?
Selama ini jadwal memerahnya bagaimana?
☝Hari ini genap 9 bulan
Rutin, dikantor 2 kali, dirumah 2 x
Iya mom, alhamdulillah selama 7 bulan bolak balik, sehat terus, paling pegal2 aja,
🏥Okee, saya jawab pertanyaannya yaa. 😊

1. Usia 9 bulan, bisa mulai dimaksimalkan asupan gizinya dari makanan. Tidak perlu susu pengganti/penambah.
Selingannya tidak harus susu kedelai.
Dan susu kedelai sebenernya bukan termasuk susu, tapi sari.
Posisinya sama dengan olahan kedelai lainnya spt tahu atau tempe.

2. Booster asi yang paling berpengaruh itu dari pikiran positif ibunya. Apapun yang bisa membuat ibu relaks dan bahagia itu bisa jadi booster.
*kalo aku cukup martabak green tea topping keju 😁

Untuk kasus mom fitri, Kekhawatiran tidak bisa menyusui sampai 2 tahun bisa menjadi stressor untuk ibu. Jadi skrg targetnya dipersempit saja. Lulus sampai 10 bulan. Nanti bulan berikutnya target lulus 11 bulan. 😊

Untuk kestabilan produksi asi, bisa dipersering perah asipnya, jadi per 2-3 jam sekali. Memerah asi jangan sampai menunggu payudara penuh. Bisa juga dicoba metode power pumping. 😊

3. Jika asi sudah tidak berproduksi lagi, bisa dilakukan relaktasi. Tapi ini pasti butuh "pengorbanan" dari ibunya. Baik itu tenaga, waktu dan hati. Tapi dengan dukungan keluarga, pasti bisa dilewati. 😊
☝Relaktasi?
🏥Menyusui kembali setelah berhenti menyusui/asi tidak keluar mom
☝Masalahny budok, asa itu, udah kurang mau dinenenin lgsg, 😭
Mungkin karna terlalu byk pake botol,
🏥Kemungkinan terbesar sih ini sumber masalahnya
☝Kadang mau, kadang nggk, Klo siang, paling sekali mauny, klo malem pas tengah malem baru mau, mungkin karna ngantuk. Konsumsi paling banyak itu, pas mau tidur malem, bisa nyampe 150ml asip, baru bobo,
🏥Tapi jangan disesali. Mommy-nya aja yang rajin pumping,
Menyusui langsungpun kalo anaknya sudah mengenal dot, biasanya jadi tidak efektif mengosongkan payudara.
Pumping per 2-3 jam, berapapun dapetnya disyukuri, bisa digabung jika masih dalam rentang 24 jam asalkan suhunya sama.
Eh.. manajemen asip blm dibahas yaa? 🙈
🎓Belum bu 🙈
🏥Asi itu cakupannya luas banget. 😁
Makanya jarang ada buku ASI tipis.
☝Iya budok, makasih byk jawabanny,, ✅

☝Anggun momy baby Hafiz 3 bulan 3 minggu

Pertanyaanya
1. Bayi saya sudah mulai gigit2 puting, kadang2 ngeces,dan sering melet2 lidahnya..kata kakak saya itu pmbekakan gusi persiapan tumbuh gigi, betulkah dok?

2. Bagaimana tipsnya menjaga kesehatan agar tdk trlalu naik brat bdan saat mnyusui (krna typ mnggu naik stgh kilo😭) tp produksi asi ttp brkualitas, skr sy lg mengurangi karbo dan mmperbanyak sayur dan buah,alhmdulillah trun 1 kg slma 2 mnggu😘 sudah betulkah itu dok?

🏥1. Bisa mau tumbuh gigi, bisa juga anak sedang memulai fase oralnya
2. Tipsnya: makan sesuai panduan gizi seimbang dan olahraga. 😁
Diet pada ibu yang menyusui harus memperhatikan reaksi anaknya. Kalo anaknya okee yaa silakan dilanjutkan.
☝Sbentar budok..
Stlh sy ngurangin makan bayi saya kaya kurang kenyang gt, nenen yg knan kaya yg kosong saya pindahkan yg kiri..tp ttp dia gmau..pgn.ny digending dulu br mau nenen lg..
🎓Digending itu artinya apa??
Dinyanyiin ya??
☝G sering, bbrp kali dlm sehari sperti itu..kalau saya belum makan, atau mkanya kurang baby suka lepas2 nenennya..nyamperin PD lg, lepas lg, gt trus

*maaf typo mom, digendong mksdnya😬😚
🎓Ouwh..pikirku bahasa jawa dinyanyiin kan digending
☝Apa mmg itu slh satu akibt sy ngurangin mkan dok?
*bukan mom sy mah org sunda🤣cm suka typo hehe
🏥Naah. Kalo bayinya bereaksi begitu kemungkinan besar ada perubahan dari kandungan asi-nya.
Bisa dicoba dikembalikan porsi karbohidratnya untuk sementara dan lihat kondisi bayi.
Hal-hal seperti ini juga sering terjadi nanti saat ibu menyusui mulai puasa. 😊

Ibunya kuat, tapi harus tetap memperhatikan reaksi anaknya.

☝Aulia, mommy Kili 11m

Assalamualaikum budok, dulu bayi saya hanya naik 60gr di bulan pertama. Setelah konsul dgn konselor menyusui di pekanbaru, ternyata anak saya belum bisa menyusu dgn benar karna puting sy masuk. Setelah bisa menyusu dgn benar, ternyata beratnya tidak naik banyak. Seminggu ditarget naik 400gr, tp hanya 200gr, jadi sulit mengejar bb ideal hingga sekarang (11 bulan) beratnya 8.5 kg.

Salah satu dokter mengatakan kmungkinan ASI saya kurang kalori (terlalu encer) sehingga diberi tambahan HMF ke dalam ASI, dan pemberian ASI tidak langsung karna harus dicampur dengan HMF tersebut.

Saya cari literatur di internet, belum ketemu tentang kalori ASI ini, sehingga saya belum tahu apakah benar kondisi tsb yang membuat bb bayi saya tdk bisa naik banyak.

Pertanyaan saya, apa benar kalori ASI yg kurang menyebabkan ASI tdk maksimal hingga harus dicampur HMF? Karen​a utk anak kedua nanti saya ingin tetap full ASI tanpa ada campuran apapun.
Terimakasih 😊

🏥 Waalaikum salam. 😊

Untuk kasus mom aulia dan kili, perlu beberapa hal yang dievaluasi ulang.
Jika posisi dan pelekatan bayi sudah benar tapi bb bayi masih naik tidak maksimal, harus ada evaluasi mengenai kelainan di rongga mulut anak, apakah ada tounge tie ataupun lip tie. TT dan LT ini bisa menyebabkan hisapan anak tidak maksimal juga. Jika TT dan LTnya sudah dievaluasi, evaluasi juga kesehatan anak secara menyeluruh, terutama jantung, paru-paru dan saluran pencernaan.

Pemberian HMF pada ASI untuk bayi, setau saya diberikan jika memang bayi tersebut memiliki kondisi khusus.

Kalori ASI bisa berkurang jika ibu dalam kondisi malnutrisi berat.
☝Perlu cek menyeluruh juga ya dok.. Kili memang dari dulu pupnya tergolong lancar, sekarang mpasi , makan sedikit lebih banyak dari porsi biasa, bisa pup 3x sehari
🏥 Iyaa bu.
Sepengetahuan saya selama ini, tidak ada ASI yang kurang baik mom. Karena ASI itu diciptakan dan dikomposisikan oleh ALLAH langsung. 😊
Pasti sudah yang terbaik.

Naah masalahnya, kadang ada beberapa hal dari ibu atau anaknya yang perlu di cek ulang. 😊
Satu kasus yang saya tau asipnya ditambah HMF, itu karena anaknya menderita kelainan jantung bawaan dan ada target berat badan yang harus dikejar untuk operasi perbaikan jantungnya. 😊
☝Ooiya kalau utk LT dan TT alhamdullilah sudah dicek tidak ada.
Kalau untuk pengecekan menyeluruh seperti itu, bilang ke dokternya bagaimana ya bu? Saya sudah pernah mengajukan utk cek seperti itu namun ditolak, dengan alasan tidak ada keperluan mendesak
🏥Ada dokter anak lain tidak disana bu?
Bisa cari second opinion ke dokter lain yang lebih komunikatif.
Atau tanyakan masalah berat badannya yang masih dibawah ideal. Biasanya kalo melihat berat badan anak kurang, dokter memberikan alternatif tindakan apa yang bisa ibu lakukan.
☝Siaap, makasih banyak pencerahannya bu dokter 😘
Saya sudah keliling dokter di Pekanbaru ini dok, tapi rata2 jawabannya sama, berat di bawah rata2 kasih sufor utk kejar bb. Pernah di Jakarta ke dokter Apin, menurut observasi dr Apin , Kili memang tipe anak mungil jadi tidak perlu khawatir.

Tapi hati kecil saya ttp penasaran kok anak saya makan banyak n bergizi 4bintang lengkap, asi langsung on demand, tp beratnya sulit banget naiknya 😅

☝Mom Ira Soisbrina

Abizar.. 15 Bulan, dok abi dari lahir jarang sekali nenen langsung sama saya, selalu lewat botol dan pumping, skrng minum asi hanya 50 ml sehari, tapi akhir akhir ini asi saya klo di pompa hanya 20 ml dan tekturnya tidak cair kental seperti ingus dok, setelah saya rasakan rasanya asem.. apakah boleh tetap di berikan? Atau stop saja, karena abi sudah minum UHT dan sehari 1 LT trims
🏥Dengan rasa seperti itu, apakah anaknya masih mau?
Selama anaknya mau, gpp diberikan.
Untuk kasus ibu, berarti ibu harus lebih sering memerah asinya.
☝Terimakasih dok, anak saya masih mau.. saya akan lebih sering pumping
🏥Dan sesekali lakukan power pumping untuk meningkatkan kembali produksi asi.
Resiko dari ibu yang lebih sedikit menyusui langsung ataupun tidak menyusui langsung yaitu ibu harus rutin memerah setiap 2-3 jam untuk menjaga produksi asinya
☝Klo boleh nanya 2 x hehehe, Bu apakah bisa anak susah naik bb karena anemia defisiensi besi, karena abi sudah therapy zat besi 3 bulan tapi masih harus di kasih 1 hari sekali untuk zat besinya, karena abizar bayi asi jadi kurang zat besi dan susah di penuhi dari makanan? Apakah benar? Terimakasih budok
🏥Adb memang bisa menyebabkan berat badan anak sulit naik.
Tapi kalo dibilang bayi asi jadi kurang zat besi yaa ngga juga. Setelah mpasi kan bisa diberikan sumber makanan tinggi zat besi.

Anak yang diberi susu formula memang cenderung jarang adb karena sufornya sudah difortifikasi dengan zat besi, tapi hal ini tidak bisa menjadi alasan kita memberikan zat besi.

Anemia juga menyebabkan perubahan di lidah anak, sehingga rangsangan dari rasa yang dimakan anak berubah, ini bisa membuat anaknya tidak nafsu makan juga.
☝Sudah bu tidak sengaja, karena demam takut DBD dan memang HBnya hanya 8,7 kata dokternya klo bayi asi memang cenderung HB rendah dan harus diberi zat besi, yang saya ragu skrng sudah 13,4 hbnya tapi masih harus diberi zatbesi sekali sehari karena takut HB turun, apakah benar? Karena anak saya setiap hari sudah di berikan makanan tinggi zat besi dok.. tapi karena dokter berkata seperti itu jadi setiap abi hilang nafsu makan dan pucat saya beri zat besi? Apakah benar?
🏥Kalo hbnya sudah 13,4 cukup dipertahankan dari asupan makanannya saja.

☝Mom Lilik, Ummu Naufal

Assalamualaikum bu dokter.saya lilik ummu naufal 3thn dan alfian 6 bln.dulu abang naufal sya tinggal kerja minum asi + sufor alhasil setiap bln selalu sakit dan pernah opname 2x karena sesak alergi susu sapi.lalu sya resign dan skrg adik alfian full asi eksklusif.dan alhamdulillah hampir tidak pernah sakit.ini sharing dulu budok.😀skrg ini si adik fian.sedang latihan makan saya beri pisang kadang bubur kentang+wortel kadang bubur ketela+asip.yg saya tanyakan sudah cocok kah menu itu untuk si adik.trus saya kasihnya 2x sehari dg porsi sedikit.trus kok bulan ini bbnya gak naik ya bu dok.perlu diketahui adik lagi aktif belajar merangkak dan keringatnya banyak sekal kadang babnya juga banyak dan encer.apa ini normal bu?

🏥Ini berarti bahasannya tentang mpasi ya. 😊
Mpasi itu prinsipnya mengenalkan makanan yang biasa kita makan pada anak.
Kalo anaknya aktif dan makannya sudah lancar, bisa diberikan 3x makan sehari. Porsinya bisa 2-3 sendok makan, dan ditingkatkan perlahan -lahan
Selama bab anak tidak cair dan lebih dari 3x sehari masih bisa dikatakan wajar

☝ Ummu aisha,2y4m

Bu dokter,aisha dulu lahir dengan berat 3kg. Hari pertama saat masih di klinik,karena asi belum keluar, aisha dikasih sufor pake sendok ma perawatnya. Ini kesalahn saya juga yang kurang ilmu soal asi saat itu. Sesampai di rumah,begitu ketemu si mbah,langsung dikasih dot.sy tak kuasa menolak.sempat stres sy.saat aisha bingung puting di minggu pertama barulah mbah nya membolehkan tdk make dot n sufor lg.

Masalahnya, aisha jarang nyusu.mudah tertidur meski sdh sy gangguin biar bangun. Saat usia 3bln bb aisha hanya 3,7. Bolak balik konsul ke klinik laktasi n dinyatakan ga ada masalah.ke dokter tumbuh kembang pun dilakukan general chek up setelah bulan berikutnya cuma naik 1 ons. Alhamdulillah tak ada masalah.dokter nyaranin kasih sufor,tp sy kurang sreg rasanya.hingga akhirnya kmi memutuskn untuk memberi mpasi buah2n sblm usia 6m tapi sdh diatas 4m,setelah sy melihat video dr tiwi ttg mpasi. Cuman sampai skrg beratnya ttp tdk ideal.usianya 2y lebih bb masih sktr 9kg an..makan banyak ga mudah bikin gemuk,makan dikit ceoet bikin keliatan kurus. Suplemen yg biasa sy kasih adlh madu, gamat klo pas kesehatannya tergabggu olh batpil.
Apa mmg perlu dibantu pake sufor ya dok?

🎓Kita jawab satu persatu ya mom.
Kalau saya buka untuk pertanyaan silahkan cung kan tangan.
Jika saya sudah mempersilahkan untuk bertanya, silahkan bertanya..
Kalau saya tutup pertanyaan mohon tidak ada chat selama narsum menjawab.

Agar kenapa???
Tidak tumpang tindih antara pertanyaan satu dan yg lain..

Terima kasih 😊
🏥Ada riwayat mpasi dini, berarti perlu dipertimbangkan konsul ke subspesialis pencernaan anak juga mom.
Pemberian sufor tetap harus melihat langsung kondisi anaknya bu.
Pemberian sufor malah bisa mengacaukan makan anak jika diberikan tidak sesuai aturan.
☝Maaf ummu daffa,sy lgsg setor pertanyaan krn td dpersilahkan 2penanya lg..
ahh klo bahas soal asi sy jadi sering baper,merasa gagal d awal,meski akhirnya berhasil nyusuin 2th.
🏥Jangan salah..
saya juga pernah gagal ko. 😊

Makanya nyemplung ke dunia perASIan karena saya gagal. 😁
Baper boleh, tapi jangan kelamaan dan segera diperbaiki kesalahannya.
☝sebenarnya pencernaan bayi sudah siap belum ya dok d usia kurang dr 6m?krn stlh baca bbrp referensi sblm memutuskan utk kasih mpasi,boleh mulai mpasi bila sdh d atas 4m,tapi dimulai dr buah2n dulu krn sdh mengandung enzim sndiri.tp ada jg yg blg ga boleh.mohon pncerahannya.
🏥Beberapa referensi yang saya baca, memang menyebutkan pencernaan bayi siap menerima makanan padat di usia 4-6 bulan.
Kenapa akhirnya dibuat standarnya 6 bulan, karena untuk mengurangi resiko-resiko dari saluran pencernaan yang blm siap tersebut.
Evaluasi perkembangan anak, termasuk kemampuan menelan dan kemampuan menopang kepalanya juga harus dilihat.

Pemberian mpasi kurang dari 6 bulan harus dibawah pengawasan dokter anak agar gizi mpasinya dipantau juga, bukan hanya sekedar kenyang.

Untuk menaikkan berat badan anak dibutuhan karbohidrat dan protein, tidak cukup hanya dari buah.

Mpasi dini dan sufor sama-sama beresiko, tapi kita bisa mempertimbangkan mana yang resikonya lebih kecil dengan manfaat yang lebih besar
☝Lalu untuk kasus aisha,apakah sbnrnya asi sy mmg sedikit ya?sy selalu berkoar k orang2 klo asi sy banyak spt kata konselor n terapis pijat asi nya, tapi kenyataan mmg saat pumping dptnya dikiiit,trus ga pernah ngalamin rembes2 gitu.tp sy kekeuh ga mau dampingin dg sufor.
Tadi di awal kulwap sy baca tanda2 asi sedikit,kok ada pada aisha spt nya..😭
🏥Hasil pumping dan rembes itu bukan tanda asi banyak atau sedikit.

Kembali lagi kita lihat tanda kecukupan asi pada anaknya.
Kalo memang terlihat tidak mencukupi, segera temui konselor, evaluasi penyebabnya.
Setelah diketahui masalahnya baru bisa ditangani.

Kalopun misalnya butuh tambahan sufor, selama memang ada indikasinya dan itu diberikan oleh konselor/dokter, berikan sufornya sebagai obat.
Setelah kondisi ibu dan anak stabil, bisa dihentikan pemberian sufornya dan kembali lagi ibu memberikan asi-nya

☝ IndiMaretia

Buk, saya mau tanya..
knapa ya setiap akan menyusui begitu mulut baby nempel puting, langsung kepala sy pusing mual2..?

itu terjadi sejak sy menyusui diawal pny anak, anak pertama kedua kembar, trs skrg anak ketiga..

begitu jg kejadiannya..

🏥Ibunya sudah pernah cek darah untuk anemia?
☝belum bu..
apa nama tes nya? ke lab klinik ya?
🏥Saran saya sih diperiksakan dulu bu. Cek kadar hemoglobinnya aja mom. Atau pemeriksaan darah rutin.

☝Mom Mayang
Anak saya umur 16 bulan sampai sekarang alhamdulillah masi asi cuman BB masi 7,5 kg, disarankan dokter kasi sufor, anak saya tidak mau minum pakai dot, dan sudah kami biasakan minum pakai sedotan, cm hasil minumnya tidak optimal, dia cm mau minum ketika bagun kalau pas tidur tetep cari nenen. Di sisi lain, minum sufornya juga ga selalu mau. Saya juga hanya kasi sehari 2 kali. Kalau di rasakan emang PD ga sepenuh dulu, Sempet stress jg disuruh nyapih dini oleh keluarga supaya bb aisyah naik, kalau dr sisi pemberian makan sehari 3 kali, kadang ditambah frekuensinya, arahannya ya dok

🏥16 bulan, 7,5kg. Harus dilihat di kms-nya.
Pemberian makan bisa diberikan 3-4x makanan berat dengan selingan 2x. Selingan bisa diberikan makanan yang tinggi kalori, misalnya pudding santan gula merah, bubur kacang hijau,pudding roti,tahu/tempe goreng.
☝Baik bu dok, masalah asi bagaimana dok? Apakah hrs saya sapih skr?
🏥Tidak harus disapih. Tetap berikan ASI tapi setelah anak makan

☝Mom Tika
Saya tika, hamil trimester terakhir. Sebelum hamil anak yg kedua ini saya sempat menjalani operasi PD sebelah kanan karena ada pembengkakan pada kelenjar + peradangan. Selama hamil masih ada satu benjolan lagi pada PD kanan saya, tapi tidak seperti sebelumnya benjolan ini tidak berkembang dan tidak mengalami peradangan. Saya sudah konsultasi dengan salah satu dr onk bahwa sebaiknya asi di PD sebelah kanan tidak diberikan pada bayi terlebih dahulu, karena diperlukan biopsi untuk mengetahui apakah masih ada tidaknya bakteri pada PD saya, dan biopsi itu tidak mungkin dilakukan saat saya hamil skrg ini. Pertanyaan saya, bagaimana caranya supaya saya masih bisa memberikan asi ekslusif pada bayi saya meskipun hanya dr satu PD? Kalau menurut saran dr onk, lbh baik asi pada PD kanan dipompa saja meskipun tdk diberikan pada bayi. Bagaimana saran dokter? Baiknya seperti apa? Terimakasih sebelumnya 🙂

🏥Berikan asi sesering mungkin.
Imd di payudara yang sehat.
Payudara kanan tetap dipompa untuk merangsang dan mempertahankan produksi asinya.
Setelah melahirkan, konsultasi ulang untuk tindakan biopsinya.

☝Mom Evi

Saya evi hamil trisemester 8 dan anak pertama saya usia 3th3bln....

Saya mau bertanya...
Bagaimana cara memberikan ASI yang benar dengan caraa mempuping ASi...(memompa ASI)

Karena putting saya trepes...
Dulu anak saya yang pertama asi cm sampai usiA 2bulan karena putting saya yang trepes membuat anak sulit ngencut...

Dulu saya & kluarga tidak begitu paham soal memompa ASi

Yang dulu biar yang dulu karena sudah berlalu Dan saya ingin nanti adeknya lahir bisa memberi ASi walau dg cara memompa nya kalau putting saya masih sulit diencut...

Terimakasih...

🏥Menyusui itu tidak di puting yaa mom, apapun bentuk putingnya bisa menyusui langsung.
Caranya dengan memperbaiki posisi dan pelekatan bayi.
Sayangnya, dalam kulwap sepert ini sulit memberikan contoh langsung selain dengan gambar dan video.
Lebih mudah belajar dengan praktek langsung dengan konselor menyusui. 😊

Menyusui hanya dengan memerah/pumping itu biasa disebut ekslusif pumping.

Resikonya sangat berat karena ibu diharuskan memerah di jadwal yang teratur selama 24 jam non-stop.
Selain itu ibu juga harus memastikan kebersiha  dan sterilitas dari alat perah, botol penampung asip, dan media pemberian asipnya.

Jika memungkinkan, Cari tempat melahirkan yang sayang bayi dan memiliki poli laktasi atau konselor menyusui.
🏥Mom @EVI ADIASTA GRACIO , bisa dilihat lagi di gambar diatas yaa. Puting itu tidak terlalu berpengaruh.
☝Mom tapi punya saya putingnya gak muncung2 sama sekali seperti yg digambar dan mulut anak sy pas waktu itu kuecil..
Sudah dicoba berxx tetep gak bisa
Coba nanti pas adeknya sy coba
✋Mba Evi maaf saya ikut nanggapi ya..
Jangan khawatir mba, saya jg waktu baru melahirkan sama kondisinya, puting tdk muncung, posisinya masuk ke dalam. Bayi sy bulan pertama cuma naik 60gr beratnya.
Setelah ke konselor asi dan dipraktekan cara perlekatannya, trnyata bisa. Sekarang akhirnya puting sy bisa keluar

☝Mom Laila

Masih boleh tanya g? Tp lbh terkait mpasi mungkin ya

🏥SERBA-SERBI MPASI PERDANA

Saya copas dari grup saya disertai update terbaru dari pelatihan manajemen mpasi perinasia.

1. KAPAN PEMBERIAN MPASI PERDANA?
MPASI diberikan pada saat yg tepat, yaitu usia 6 bulan. TIDAK KURANG TIDAK LEBIH!

2. BAHAYA PEMBERIAN MPASI DINI
Pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan memberikan perlindungan besar dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan sistem imun bayi kurang dari 6 bulan belum sempurna. Pemberian MPASI dini sama saja dengan membuka pintu gerbang masuknya berbagai jenis kuman, apalagi jika tidak disajikan higienis. Hasil riset terakhir di Indonesia menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan MPASI sebelum ia berumur 6 bulan, lebih banyak terserang diare, sembelit, batuk-pilek, dan panas dibandingkan bayi yang hanya mendapatkan ASI Eksklusif.
Menyulitkan ibu mempertahankan produksi ASI karena bayi yang sudah mendapatkan MPASI biasanya akan berkurang kebutuhan menyusunya
Saat bayi berumur 6 bulan keatas, sistem pencernaannya sudah relatif sempurna dan siap menerima MPASI. Beberapa enzim pemecah protein seperti asam lambung, pepsin, lipase, enzim amilase, dsb baru akan diproduksi sempurna pada saat ia berumur 6 bulan.
Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan. Saat bayi berumur kurang dari 6 bulan, sel-sel di sekitar usus belum siap untuk kandungan dari makanan. Sehingga makanan yg masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.
Pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan akan mencegah potensi obesitas pada anak
Menunda pemberian MPASI hingga 6 bulan melindungi bayi dari obesitas di kemudian hari. Proses pemecahan sari-sari makanan yg belum sempurna. Pada beberapa kasus yg ekstrim ada juga yg perlu tindakan bedah akibat pemberian MPASi terlalu dini. Dan banyak sekali alasan lainnya mengapa MPASI baru boleh diperkenalkan pada anak setelah ia berumur 6 bulan

3. BAHAYA TERLAMBAT MEMBERIKAN MPASI
- Bayi tidak mendapat cukup nutrisi untuk pertumbuhan
- Tumbuh kembang lebih lambat lambat
- Malnutrisi dan defisiensi gizi seperti zat besi.

4. FREKUENSI PEMBERIAN MAKAN/JADWAL PEMBERIAN MPASI
- Di awal mulai makan umur 6 bulan hingga 2 minggu pertama berikan 2-3 kali makan boleh menu tunggal boleh dimix dengan makanan yang sudah lolos.
- Umur 6 bulan 2 minggu -9 bulan berikan 2-3x makanan berat dan 1-2 kali selingan.
- Umur 9-12 bulan, berikan 3-4 kali makan utama dan 1-2 kali selingan.
- Umur 12-24 bulan, berikan 3-4 kali makan dan 2 kali selingan.

5. JUMLAH YANG DIBERIKAN
- MPASI Umur 6 bulan (awal) mulai dengan 2-3 sdm setiap kali makan. Tingkatkan secara bertahap sampai 125ml sampai 9 bulan.
- MPASI Setelah umur 9-12 bulan, diharapkan sudah mulai makan setengah sampai tiga perempat mangkok ukuran 250ml.
- MPASI Setelah umur 1 tahun, porsi rata-rata 1 mangkok ukuran 250ml.

6. TEKSTUR MAKANAN
Tahapan tekstur ini jangan terlalu cepat, tapi jangan terlalu lambat juga.
- 6 – 7 bulan : mulai dikenalkan makanan padat pertamanya, dimulai dari yang tekstur semi kental. Patokannya jika sendok dibalik makanan tidak langsung tumpah.
- 8 – 9 bulan : tekstur makanan bayi mulai semakin padat (sebaiknya hindari memblender makanan).
- 9 – 12 bulan : dapat dikenalkan nasi tim yang kadar airnya disesuaikan dengan kemampuan bayi mengunyah dan berlanjut menjadi makin meyerupai table food yang dinikmati oleh anggota keluarga yang lain.

7. VARIASI MAKANAN
Berikan makanan yang bervariasi agar kebutuhan nutrisi terpenuhi setiap harinya. Daging, ayam, ikan atau telur harus diberikan setiap hari. Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin A harus diberikan juga setiap hari. Jangan lupa menambahkan lemak dalam makanan. Hindari pemberian gula dan garam untuk anak dibawah 1 tahun. Pemberian gula akan mengajarkan anak suka makanan yang manis sampai besar dan memiliki kecenderungan obesitas dan diabetes, sedangkan penambahan garam sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kerja ginjal bayi. Rasa asin dan manis didapatkan dari rasa alami makanan saja.

MPASI boleh dimulai dgn bubur serealia atau puree buah, terserah mana yang ibu pilih.
Yang penting, secepatnya kenalkan bahan makanan yg bervariasi. Ingat bahwa kebutuhan energi dan zat gizi lainnya meningkat terus, sedangkan cadangan zat besi menurun drastis di usia 6 bulan. Jadi, sejak umur 6 bulan mulai kenalkan semua variasi makanan: pangan pokok (serealia, ubi-ubian), buah dan sayuran, kacang-kacangan, dan sumber hewani. Jadi, variasi sama di semua umur alias sevariatif mungkin, yang berubah cuma tekstur, jumlah, dan frekuensi yang meningkat.

Untuk yang masih bingung, ini garis besarnya:

1. Panduan MPASI WHO
* Variasi keberagaman makanan diberikan sejak awal pemberian mp-asi terdiri dari karbohidrat, protein nabati (kacang-kacangan), protein hewani, sayuran dan buah, serta sumber lemak tambahan. Keberagaman makanan diperlukan untuk keseimbangan antara masukan dan kebutuhan gizi karena tidak ada 1 jenis makanan yang memiliki semua unsur gizi yang dibutuhkan. Dengan mengonsumsi makanan yang beranekaragam, kekurangan zat gizi pada jenis makanan yang satu akan dilengkapi oleh zat gizi jenis makanan lainnya, sehingga diperoleh masukan zat gizi yang seimbang.

* Menu mpasi pertama adalah sumber karbohidrat sesuai bahan makanan pokok yang keluarga makan. Makanan kaya kalori ini bisa ibu peroleh dari sumber karbo (karbohidrat) seperti biji-bijian/serealia (beras, jagung, gandum/oat, sorghum), umbi akar (kentang, ubi, ketela), dan buah dengan kandungan karbohidrat yang tinggi seperti pisang. Pemberian makanan sumber zat besi sesegera mungkin dilakukan untuk meminimalisir resiko Anemia Defisiensi Besi.

* Banyaknya pemberian makan :
Di awal mp-asi berikan sebanyak 2-3 sdm dewasa per porsi makan;
Usia 6-9 bulan bertahap dari 3 sdm dewasa hingga 125 ml per porsi makan;
Usia 9-12 bulan bertahap dari 125 ml hingga 250 ml per porsi makan.

* Tekstur awal mpasi adalah semi kental. Patokannya jika diletakkan di sendok, sendoknya dimiringkan, puree atau bubur itu tidak langsung tumpah. Setelah mulai makan beberapa minggu, sampai umur 9 bulan berikan bubur yang lebih kental atau bubur saring. Mulai umur 9 bulan sudah bisa diberikan makanan cincang halus, yang penting tidak keras, dan mudah dijumput anak. Umur 1 tahun, anak sudah bisa makan makanan keluarga. Cincang jika perlu bagian-bagian yang sulit dikunyah seperti daging sapi.
☝Sebenernya lebih ke case anak saya. Jadi ceritanya anak saya sakit, dan nafsu makan turun. Ada riwayat sakit pnumoni saat 1m, sehingga sekarang umur 9m menjadi sering was was kalau bapil dan memang sering bapil karena ibunya sering bapil. Anak saya kmrn bapil dn high fever hingga diatas 39. Karena feeling saya lebih baik ke dokter, saya bawa ke dokter. Menurut saya dokter memberi obat antibiotik(karena harus habis) namun obatnya super pahit, dan akhirnya sekarang mulai sehat dan habis obatnya. Tetapi nafsu makan belum kembali lagi sehinga berat badan turun hingga 600gr dalam 2 minggu sakit dan mungkin ada trauma sendok karena pemberian obat tersebut.
1. Nah bagaimana cara meningkatkan nafsu makan agar bb kembali ke track nya. Kmrn di timbang 9m 7,4kg(cewek).
2. Apakah jumlah asupan harus 125 ml sekali makan? Karena anak saya 2 sendok makan dia sudah sangat susah makan. Akhir akhir ini cuma mau minum susu asip/ asi saja.camilan pun susah masuk.
3. Apakah 9m sudah boleh diberikan gula garam? Mbah nya kasian klo kasih makan g ada rasanya. (Anak dengan mertua soalnya)
🏥Mengembalikan nafsu makan itu biasanya bisa normal kembali saat anak sudah fit dan sehat kembali.

Jumlah makan yang disebutkan diatas itu kan panduan ideal untuk anak. Bisa disesuaikan dengan kemampuan anak makan. Bisa dicoba dinaikan atau diturunkan teksturnya sementara sampai anaknya sehat kembali.
Masalah gula garam, itu saya kembalikan pada ibunya. Yang harus diingat, lidah bayi itu berbeda dengan lidah orang dewasa masalah kepekaan terhadap gula garamnya.

Panduan WHO pun tidak state no gulgar, tapi not too salty not too sweet.

Boleh... "SEDIKIT" ini yang jadi masalah.

Kebutuhan sodium bayi under 12m masih kurang dari 1 gr per hari.

Rekomendasi WHO untuk dewasa kini mengisyaratkan konsumsi garam kurang dari 5 gram (1 sdt) per hari. Nah, kebayang kan bagaimana penerapannya di anak (bayi balita?)

http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs393/en/
"Most people consume too much salt—on
average 9–12 grams per day, or around twice the recommended maximum level of intake"

MYTH: Food has no flavour without salt
FACT: Taste buds adjust to less salt and can
notice more flavours in food.
MYTH: Reducing salt could be bad for my health
FACT: It is difficult to eat too little salt since
there are so many everyday foods containing salt.
MYTH: Only old people need to worry about
how much salt they eat
FACT: Eating too much salt can raise blood
pressure, a risk of heart attack, at any age.

Quoting WHO's Guideline:
Sodium intake for adults and children:
WHO recommends a reduction in sodium intake to reduce blood pressure and risk of
cardiovascular disease, stroke and coronary
heart disease in adults (strong recommendation) children” includes individual WHO recommends a reduction to <2 g/day
sodium (5 g/day salt) in adults (strong
recommendation). For this recommendation,
“adults” includes individuals ≥16 years of age.
WHO recommends a reduction in sodium intake
to control blood pressure in children ( strong
recommendation ). The recommended maximum
level of intake of 2 g/day sodium in adults
should be adjusted downward based on the
energy requirements of children relative to
those of adults. For this recommendation,
“ children” includes individuals 2–15 years of age inclusive.
-------

Mudah-mudahan dapat menambah wawasan kita semua, ini salah satu himbauan mengapa sebaiknya mpasi 6-12m tidak perlu tambahan garam 😊

 Rekomendasi WHO untuk membatasi asupan gula 25 gr alias 5-6 sdt per hari itu berlaku untuk orang dewasa lho....apalagi untuk anak-anak dan bayi, bukan soal rasa, tapi kebutuhan tubuh.
Takaran rasa lidah dewasa yang sudah kenal aneka rasa tambahan gak bisa disamain dengan takaran rasa lidah anak-anak. Itu sebabnya disarankan sebaiknya tidak memberikan gula tambahan pada mpasi.
* 1 sdt setara 5 gr

Yuk bijaklah dengan asupan gula harian 😊

http://m.detik.com/food/read/2015/03/05/063216/2849970/900/who-resmi-tentukan-konsumsi-gula-harian-25-gram

Ini link sumber aslinya dari website WHO :
http://www.who.int/mediacentre/news/releases/2015/sugar-guideline/en/

Semoga paham yaa bu, kenapa banyak ibu-ibu di grup ini yang menyarankan no gulgar. Karena kebutuhan harian bayi sangat sedikit sekali. Sehingga bisa didapatkan dari sumber makanan lainnya.

☝Mom Vya

Saya Vya, dr bandung..
Anak saya skrg 8bln, tgl 25 apr ini genap 9bln. Laki laki.
Bb 10,5kg tinggi 75cm.
Sejauh ini saya msh ASI meski saya kerja, d rmh sma neneknya..
Pertanyaannya :
1. Apakah dgn bb dia segitu dalam MPASI msh perlu tambahan lemak?
2. Dia sudah bisa berdiri sambil pegangan, tidak apa2 kl d diemin aja? Krn kata mertua saya, kl dia berdiri gitu hrs d suruh duduk lg krn nanti kakinya jadi "O" . Betulnya gmn ya?

🏥1. Masalah berat badan harus dilihat di kurva pertumbuhannya di kms/growth chart.
*mohon dilihat kembali.

Lemak tambahan bukan hanya untuk booster berat badan. Tapi juga sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K; menambah rasa gurih alami makanan serta untuk membantu melancarkan pencernaan.

2. Kalo anaknya memang sudah bisa berdiri sendiri dan susah sesuai tahapannya, berarti memang dia sudah mampu menopang berat tubuhnya, gpp anak berdiri sendiri.

Kaki anak sampai 2 tahun memang cenderung berbentuk O tapi jika bentuknya sangat ekstrim, segera berkonsultasi dengan dokter yaa bu.


semoga bermanfaat,,
keep learning,mama!! 💪​

happy MAMA 👩​
happy baby 👶​

```Enjoy breastfeeding, Mamas!

  〰〰〰〰〰〰〰〰
 🔅🔆🔅LEARNING MAMA COPYRIGHT 2017🔅🔆🔅
 〰〰〰〰〰〰〰〰

👥FP : Learning Mama
📷Instagram : @Learningmama.indonesia
🌐Web : http://komunitaslearningmama.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

learning mama instagram